Back to homepage

Tugas Pokok Organisasi

Tugas dan Fungsi Organisasi

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Bolango dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah No 18 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yang merupakan Penjabaran dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato di Provinsi Gorontalo, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone Bolango mempunyai fungsi :

  1. Merumuskan kebijakan teknis di bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
  2. Penyusunan Program kerja dan kebijaksanaan teknis dibidang pemberdayaan masyarakat desa
  3. Pengkoordinasian pengendalian dan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dibidang pemberdayaan masyarakat desa
  4. Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa
  5. Pengkoordinasian evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan dibidang pemberdayaan masyarakat desa, dan
  6. Pelaksanaan fungsi-fungsi lainnya sesuai dengan tugas dan kewenangan dinas.

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai kewenangan sbg berikut :

  1. Perencanaan dan pengkoordinasian perumusan kebijaksanaan pemberdayaan masyarakat dengan organisasi perangkat daerah lainnya dilingkungan pemerintah daerah.
  2. Pelaksanaan dan / atau pengkoordinasian penelitian dan penyusunan pedoman, program dan bahan – bahan pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan institusi dan pemberdayaan masyarakat.
  3. Pengkajian pelaksanaan dan program – program pemberdayaan masyarakat untuk perumusan dan penyusunan bahan kebijaksanaan lebih lanjut.
  4. Penyusunan program kerja, urusan keuangan, dan urusan umum.