Bone Bolango - Pegadaian kerja sama pembiayaan ultramikro

Oleh Administrator Dibaca 117 Kali 25 Jul 2019, 19:41:46Berita

Bone Bolango - Pegadaian kerja sama pembiayaan ultramikro

Keterangan Gambar : Kepala Divisi Treasury PT Pegadaian, Endah Susiani (kiri) bersama Bupati Bone Bolango, Hamim Pou (tengah) dan Direktur Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Djoko Hendratto (kanan) berfoto usai melakukan penandatanganan kerja sama di halaman kantor Bupati, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis, (25/7/2019). Kerja sama tersebut dalam rangka pengembangan usaha mikro melalui pembiayan ultra mikro. (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)


Gorontalo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan kerja sama dengan PT Pegadaian serta Badan Layanan Umum Pusat Inverstasi Pemerintah (PIP) terkait dengan pembiayaan ultramikro.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Kamis, mengatakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, PIP, dan PT Pegadaian tersebut dalam rangka pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan ultramikro.

"Kami berisiatif untuk bekerja sama, karena kita ingin ada pembiayaan-pembiayaan di luar daya kemampuan pemerintah daerah, termasuk melalui dana alokasi khusus," ujarnya.

Hamim mengaku bahwa pihaknya ingin fokus tentang penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango melalui pembiayaan ultramikro.

"Kita ingin melalui ultramikro ini dapat mengakselerasi penurunan kemiskinan tersebut, di Bone Bolango ada kurang lebih 21.000 UMKM, termasuk ultramikro di dalamnya," ucapnya.

Dia mengatakan jika 21.000 UMKM tersebut adalah kepala keluarga maka ada lebih dari 30 hingga 40 persen warga Bone Bolango digerakkan oleh UMKM.

"Maka inisiatif seperti ini harus dilakukan oleh para pemimpin daerah, termasuk kami, akhirnya Bone Bolango menjadi kabupaten kecil yang pertama di Indonesia menjalin kolaborasi antara pemerintah daerah dengan Kementerian Keuangan dalam pembayaran ultramikro," ungkapnya.

Hamim menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan, pembinaan, dan pelatihan dalam mengelola usaha kecil.

"Jadi setelah mendapatkan pinjaman harus ada laporan perkembangan usaha yang dibiayai oleh PT Pegadaian ini," kata dia.
 

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor : Hence Paat
COPYRIGHT © ANTARA 2019



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Website ini sangat bermanfaat bagi anda?
  Sangat Setuju
  Setuju
  Kurang Setuju
  Tidak Setuju
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir